Refleksi Penyimpangan Oleh Blogger Copas


Refleksi Penyimpangan Oleh Blogger Copas


Hakikat Menulis

Menulis merupakan salah satu tindakan kreatif manusia. Hanya pada menulis, ingatan tidak akan pernah hilang. Sampai saat ini saya masih percaya itu. Dengan menulis, secara Sosiologis, sebenarnya kita sedang melakukan Eksternalisasi, yaitu mengemukakan ide-ide, gagasan, pemikiran yang ada di otak kita ke hadapan publik. Maka, ketika pikiran itu tercurahkan dalam bentuk tulisan, kealamiahan orisinalitas pikiran manusia ditemukan.

Itulah mengapa menulis menjadi salah satu tindakan kreatif manusia. Karena salah satu syarat logic yang mendasari adanya tulisan adalah berfikir. Entah tujuannya untuk merefleksikan sesusatu, sekedar bercerita atau menulis penelitian formal. Tanpa proses berfikir, tulisan tidak pernah orisinil.

Namun sayangnya, kegiatan ini bukan tanpa masalah. Ada segelintir manusia yang tidak benar-benar menggunakan kemampuan berfikirnya untuk menulis. Mereka melakukan COPAS (Copy-Paste) atau dalam istilah akademis disebut dengan Plagiarisme. Hal ini tentu mengganggu para manusia yang gemar menulis dengan pikiran aslinya sendiri. Di segala segmen penulisan dari penulisan Karya Ilmiah, Karya Sastra hingga menulis di Blog.

Plagiarisme menjadi suatu wabah penyakit yang membuat pikiran menjadi tumpul. Benar-benar tumpul bahkan. Karena plagiasi betul-betul tidak melibatkan pikiran sebagai basis tindakan menulisnya. Hal ini tentu membuat resah para Akademisi ulung dan membuat para Blogger yang kreatif menjadi gerah atas tindakan plagiat yang tidak bertanggung jawab.

Cara Pintas Para Blogger Copas

Untuk memfokuskan kajian, saya akan persingkat masalah ini dalam lingkup dunia tulisan para Blogger. Pertama, yang harus kita sadari adalah bahwa Blog di Indonesia kurang dapat dipercaya sebagai sebuah rujukan akademis tentang sesuatu. Karena, terkadang tulisannya sering “Ngasal” alias tidak memiliki standar penulisan ilmiah.

Kedua, mengejar prestise sosial di dunia maya. Di era informasi ini, memungkinkan orang membutuhkan&mencari info-info secara cepat. Nah, maka dari itu para Blogger merespons untuk katakanlah ‘menyediakan’ info yang dicari. Semata-mata karena ingin situs Blog-nya banyak dikunjungi.

Keinginan diatas menjadi sah dan oke-oke saja selama dari awal si Penulis berfikir, merencanakan apa konsep tulisannya, lalu mencari sumber yang valid dan relevan untuk bahan tulisannya. Tidak lupa, seperti yang saya katakan diatas, ia memberikan bahkan menyumbang ide-ide baru dan gagasan dalam tulisannya.

Sayangnya, ada segelintir manusia tak bertanggung jawab dengan menghiraukan lelah tipe penulis yang saya sebut di paragraf atas. Mereka, sebut saja Blogger Copas. Mungkin saja mereka handal dalam “kecepatan” pencarian info yang dibutuhkan. Namun dari segi Sosiologis, mereka adalah orang yang berperilaku menyimpang.

Alasannya sangat sederhana. Karena mereka (Blogger Copas) tidak mengikuti norma-norma yang dipegang oleh para Blogger sebagaimana mestinya. Nah, mengapa bisa begitu? Sederhana kok. Karena sebetulnya para Blogger Copas ini ingin mengejar prestise, juga ketenaran (yang boleh dikatakan, berlebihan) di jagat maya ini. Karena mereka tidak mampu menyaingi Blogger asli yang memang betul-betul kreatif, maka yang terjadi adalah “udah Copas aja tulisan mereka biar cepet banyak diliat orang”.

Menulis Dengan Ikhlas

Sebelum saya masuk ke solusi, saya hanya ingin sekali merefleksikan bahwa bahaya para Blogger Copas ini dalam angka, tidak hanya satu-dua, namun bisa ratusan bahkan ribuan. Bayangkan saja apabila trus-terusan begini, bisa-bisa makna Blogging/Nge-Blog bisa menjadi aktivitas sia-sia ya.

Namun, setiap masalah bukan tanpa solusi. Saya coba memberikan solusi atas permasalahan ini sebagai berikut:

Kesadaran Menulis. Solusi ini klasik dan sulit sekali dilakukan, karena banyak yang ‘gagal sadar’. Namun, kesadaran yang saya maksud adalah dunia Blogger sebetulnya ada arena kontestasi sebuah ide maupun gagasan dan juga kreativitas manusia sebagai penulis. Malah, Blog itu benar-benar menjadi tempat kita menulis kok. Sesederhana itu! 

Jadi, bukan pada tempatnya bila ingin mencari ‘ketenaran’ di Blog. Toh, penggemarnya akan datang dan pergi. Maka, kesadaran yang saya sarankan adalah ihklas saja menulis. Jangan menulis karena ada maunya saja.

Padahal, tulisan kalian bisa saja jauh lebih berisi, menarik, bermanfaat, informatif dibanding tulisan Blogger lainnya. Yuk, kita sama-sama berfikir, lalu tuangkan pikiran kita itu ke sebuah tulisan. Hanya berfikir dan menulis yang menegaskan bahwa kita adalah Manusia. 

Dan saya kira, Bung Andre yang tengah menggalakkan Berantas Blogger Copas dan Web Hosting Indonesia oleh Qwords.com  seharusnya menjadi warning terhadap para 'Blogger Copas' untuk bermunculan. Semoga!

Terima Kasih
Semoga Bermanfaat

Lomba Blog by : andre.web.id

Komentar

  1. simple yet to the point...
    bisa jadi pengingat buat blogger - blogger pemula seperti saya yang mau bikin blog supaya ngga asal dalam bikin tulisan...

    BalasHapus
  2. Trims atas apresiasinya, Farhan
    Aku juga baru pemula kok. Tulisannya juga masih sedikit.
    Tapi ku kira itulah, kuantitas dalam angka terkadang mengaburkan kualitas.
    Sedikit tapi orisinil jauh lebih bernilai. Kualitas pikiran mampu redam hasrat menggebu sesaat.

    Sering-sering berkunjung ya... :)

    BalasHapus
  3. mengenai kesadaran menulis, paling susah tuh. apalagi pas pingsan, ga sadar diri... :D

    BalasHapus
  4. ini buat ikut lomba berantas blogger copas ya? :D

    BalasHapus
  5. "Hanya pada menulis, ingatan tidak akan pernah hilang."
    setuju deeh..
    visit & comment balik ya, di: http://mulanovich.blogspot.com/2014/04/jadilah-blogger-berkualitas-tanpa-copas.html

    BalasHapus
  6. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer